Tips untuk wanita : Stabilkan mood saat menstruasi

Bagaimana menstabilkan mood saat menstruasi

tips wanita saat menstuasi

Ketika menstruasi, wanita menjadi lebih sensiitf, mudah tersinggung, sehingga jadi sering gagal paham, lalu dikit-dikit marah dan akhirnya, pasangannya lah yang akan menjadi tempat melimpahkan emosinya,hehehehe…..
Banyak juga yang sering menyalahgunakan waktu menstruasi untuk menunda pekerjaannya, misalnya, “Eh kog laporannya belum loe selesaiin sih, kan deadline nya siang ini”. Trus kamu jawab, “iya sorry nih soalnya gue lagi mens”. Atau juga disalahgunkan untuk bolos kerja.
SMS dari temen : “Dina, loe dmn?kog belum masuk kantor jam segini?”.
Balasan kamu : “Iya nih gue lagi sakit, ntar klo bos nanya bilangin gue ijin sakit yah”
Temen : “Loe sakit?cepet sembuh ya,emang loe sakit apaan?”
Kamu : “Iya nih, gue lagi menstruasi soalnya”
Temen : ga balas
Dan yang lebih sering buat aji mumpung ngerjain pasangannya.
Kamu : “sayang, kan aku lagi mens ya, jadi tolong belikan pembalut merk xxxxx yang ada sayapnya, sama roti, susu, keju, cokelat, snack chit**o,pot**o,l*ys, trus jangan lupa ice cream mag**m 5 biji buat persediaan di kulkas, dan yang terakhir mie ayam sama bakso sama siomay batagor sama es campur. Oh ya satu lagi, jangan ada yang kelewat satu pun”.
Pasangan kamu : “Loh emangnya ….” (belum selesai ngomong)
Kamu : “Kan aku uda bilang klo aku lagi mens, jangan bikin marah ya, tau kan akibatnya?”.
Dia langsung cuss tanpa komen.
Ga segituya juga kali ya, sebenarnya ga ada hubungannya sih menstruasi sama alasan untuk menunda pekerjaan, bolos kerja, atau aji mumpung minta ini itu sama pasangan kamu. Tapi wanita jadi lebih labil mood nya, lebih rempong karena ga nyaman saat menstruasi, bahkan jadi malas buat ngapa-ngapain atau pergi-pergi. Namun, itu semua ga boleh jadi alasan. Kita harus tetap fit dan bersemangat untuk bekerja meskipun sedang menstruasi. Nah berikut ini beberapa tips buat kamu para wanita untuk menjaga mood kamu jadi bagus terus saat menstruasi .

1. Bangun tidur langsung mandi

Biasanya setelah bangun tidur kita malas untuk langsung mandi, kita lebih milih bersih-bersih dulu atau sarapan. Namun  ketika menstruasi, saat bangun tidur kita merasa risih dan pengen cepet ke kamar mandi untuk ganti pembalut. Nah daripada cuma ganti pembalut sama cuci muka dong, mendingan langsung mandi,biar badan seger dan siap untuk menjalani aktivitas sehari-hari seperti biasanya.

2. Sering mengganti pembalut

Jangan malas untuk sering mengganti pembalut ya sista, minimal 3-4x sehari, terutama bila setelah buang air kecil. Selain untuk kebersihan, kita juga akan merasa nyaman dan ga risih karena menstruasi. Nah klo kita udah merasa nyaman terus, otomatis mood kita pun akan selalu baik. Tidak lah penting merk pembalut apapun, yang terpenting adalah untuk sering menggantinya.

3. Diet dengan nutrisi yang baik

Perbanyak minum air putih dan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan kalsium. Karena nutrisi yang baik dapat memperbaiki mood kita saat menstruasi. Beberapa makanan yang baik untuk kita konsumsi ketika menstruasi antara lain gandum, buah, sayuran dan makanan yang tinggi kalsium misalnya susu rendah lemak, keju, yoghurt, susu kedelai. Jangan melewatkan sarapan dan makanlah secara teratur karena jika kita malas makan kita akan menjadi lebih sensitif, badan menjadi lemah, mudah capek dan tidak bersemangat karena kekurangan energi.

4. Olah raga yang tepat

Dengan berolah raga dapat membantu memperbaiki mood yang naik turun saat menstruasi. Namun tidak sembarangan olah raga ya sista, pilih olah raga yang aman dan tidak membuat kita kelelahan, karena olah raga yang berat dan berlebihan ketika menstruasi justru malah mempunyai dampak yang berbahaya bagi tubuh kita. Misalnya dengan berjalan kaki selama 10 menit saja dapat membuat tubuh kita bugar dan terhindar dari depresi. Olah raga lain yang bagus dilakukan ketika menstruasi adalah yoga, terutama buat sista yang sering mengalami nyeri atau kram perut saat menstruasi. Namun tidak disarankan menggunakan teknik yang membalikkan badan (kepala di bawah kaki di atas). Yoga terbukti ampuh untuk mengusir “bad day” terutama saat menstruasi, selain itu badan kita juga menjadi rileks dan stress pun hilang.

5. Istirahat yang cukup

Jangan lupa untuk beristirahat ya sista, karena saat kita menstruasi sebenarnya tubuh kita sedang mengalami perdarahan, sehingga kita harus mengimbanginya dengan diet yang baik dan istirahat yang cukup. Jika tidak, kita akan sangat kelelahan, badan lemah dan emosi tidak stabil sehingga kita akan menjadi tidak fokus dan uring-uringan.
Okey sista itu tadi beberapa tips untuk menjaga mood kita selalu bagus ketika menstruasi. Semoga bermanfaat dan  terus semangat untuk berkarya ya sista…
Jangan bosan-bosan untuk mengunjungi blog horizon kebumen untuk mendapatkan info menarik lainnya.

0 Response to "Tips untuk wanita : Stabilkan mood saat menstruasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel