Tenses:Penggunaan Before, After,When, by the time dalam tenses past perfect

Tenses:Penggunaan Before, After,When, by the time dalam tenses past perfect
Senang berjumpa kembali dengan sobat blog horizon kebumen dimanapun anda berada. Pada kesempatan ini admin blog horizon kebumen akan berbagi materi past perfect yang digabungkan dengan penanda waktu before,after,dan when. Bagaiman penggunaan Before,After,When , dan By the time dalam tenses past perfect? mari kita simak pada artikel berikut ini.
Ketika mempelajari tenses, sobat akan menemukan dua kalimat yang dihubungkan dengan kata penghubung waktu yang mana kalimat yang kedua setelah kata penghubung adalah sebuah keterangan waktu yang terbentuk dari klausa. kalausa adalah susunan kata yang terdiri dari S + V atau Conj + S + V.
Sebelum ke pokok pembahasan kami akan mengulas sedikit tentang tenses past perfect. Tenses past perfect merupakan suatu tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang sudah selesai sebelum kejadian lain terjadi diwaktu lampau. dalam hal ini, ada konteks dua kejadian. yang pertama kejadiannya sudah selesai dikerjakan, dan yang kedua kejadian nya baru ada setelah kejadian pertama selesai dilakukan.
Contoh :
I had had breakfast before I went to school. ( Saya sudah sarapan sebelum berangkat ke sekolah).
Pada contoh kalimat diatas, ada dua kejadian yang pertama saya sudah sarapan dan yang kedua saya berangkat ke sekolah. dua kejadian itu di hubungkan oleh kata hubung 'before'. Bagaimana anda mengidentifikasi dua kejadian tersebut? manakah yang terjadi lebih dulu dan mana kejadian yang terjadi setelah satu pekerjaann selesai? Contoh diatas memberikan gambaran kepada kita bahwa kejadian yang terselesaikan terlebih dahulu sebelum kejadian lain datang adalah sarapan. orang tersebut menyelesaikan satu aktifitas, baru berpindah ke aktifitas berikutnya. 

Penggunaan Before 

Penggunaan 'Before' pada past perfect dapat dipahami dengan melihat konteks kalimat. untuk menganalisa kalimat dengan klausa waktu before maka kita harus memperhatika tenses yang digunakan setelah kata penghubung before. tenses yang digunakan setelah before adalah tenses simple past. kejadian yang terjadi setelah penghubung before adalah kejadian yang terjadi setelah ada kejadian yang selesai dikerjakan. maka rumus dua kejadian dalam tenses past perfect dengan penanda waktu 'before' sebagai berikut.
Rumus 1
S + had + v3 before S + v2
Rumus 2
before S + v2, S + had + v3
Note : dalam tenses terdapat rumus verbal dan nominal, rumus diatas juga bisa dikombinasikan dengan kalimat nominal.
S + had + been + cs before S + v2
Contoh :
I had slept before My father came home. ( Saya sudah tidur sebelum ayah saya pulang ) kalimat tersebut juga bisa ditulis : Before my father came home, I had slept.
Contoh kalimat dengan kombinasi nominal sentnece. I had been at home before my father went home ( Saya sudah dirumah sebelum ayah saya pulang )
Kesimpulan : 
Konsep dua kejadian dalam tenses past perfect dengan menggunakan klausa waktu before sama - sama menggunakan tenses lampau. kejadian setelah penghubung before terjadi ketika kejadian lain sudah terjadi lebih dahulu. dalam contoh kalimat diatas, Saya sudah tidur sebelum ayah saya pulang. 
ingat, tenses yang digunakan setelah before adalah simple past, baik kalaimat verbal atau nominal.

Penggunaan After

Bagaiman menggunakan kata hubung 'After' pada tenses simple past? Apakah sama penggunaan nya dengan kata hubung 'Before'?.
Untuk lebih jelasnya, kita perhatikan rumus dua kejadian menggunakan 'After'.
S + v2 After S + had + v3 atau After s + had + v3, S + v2.
Perbedaan  dengan penggunaan before adalah terletak pada tenses setelah kata penghubung After. Jika menggunakan kata hubung Before maka setelahnya adalah S + V2, namun jika menggunakan After maka setelahnya adalah S + had + v3. Pertanyaan nya, Mana yang terjadi terlebih dahulu? kejadian yang terjadi terlebih dahulu adalah setelah penghubung After.  Perhatikan contoh :
I watched TV After I had studied English. ( Saya menonton TV setelah saya selesai belajar Bahasa Inggris )
Dalam contoh diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa, kejadian yang terjadi terlebih dahulu adalah belajar, setelah belajar terselesaikan barulah penulis menonton tv. jadi kesimpulan nya kejadian yang terjadi terlebih dahulu adalah kejadian setelah kata hubung after, baru disusul oleh kejadian lain.

Penggunaan When

Penggunaan 'When' pada tenses simple past sama dengan penggunaan 'Before'. 
S + had + v3 when S + v2
Contoh :
She had slept when her father came home ( Dia sudah tidur ketika ayahnya pulang )
pada contoh diatas, Kejadian yang terjadi pertama kali adalah She had slept baru Kejadian lain menyusul Her father came home.
Penggunaan By the time
'By the time' mempunyai makan menjelang. penggunaan nya dalam tenses simple past dapat kita analisa dengan memperharikan rumus dua kejadian dibawah ini.
S + had + v3 by the time S + v2 atau by the time S + v2 , S + had + v3.
I had slept by the time my father came home. ( Saya sudah tidur menjelang ayah saya pulang )
kejadian yang terjadi pertama adalah si Penulis tidur sebelum ayah nya sampai dirumah.
Itulah penjelasan singkat mengenai past perefct dalam konsep dua kejadian dengan kalusa waktu Before, After, When, dan By the time. Semoga artikel Tenses tentang Penggunaan Before, After,When, by the time dalam tenses past perfect bermanfaat untuk sobat blog horizon kebumen.
Jika ada pertnyaan, silahkan tinggalkan komentar anda.
Selamat belajar!!

0 Response to "Tenses:Penggunaan Before, After,When, by the time dalam tenses past perfect"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel