Apa itu kalimat Verbal dan Nominal dalam Bahasa Inggris

Kalimat Verbal dan Nominal


Belajar Bahasa asing bisa dibilang gampang - gampang susah, Gampang jika kita sudah menyukai dan selalu penasaran dengan yang sedang kita pelajari, Sulit jika mudah menyerah dan tidak mau belajar dengan sunguh-sungguh.
jadi, kunci belajar bahasa asing adalah menyukai, penasaran, pantang menyerah dan selalu tekun belajar.
Artikel sebelumnya kita sudah beljar pengenalan tenses, dan kami yakin anda sudah paham dengan topik tersebut.
Artikel kali ini akan membahas tentang Kalimat verbal dan Nominal dalam bahasa inggris,kenapa kami menulis artikel ini? dari pengalaman yang sudah kami temui , sebagian siswa masih bingung bagaimana membuat kalimat secara benar dan kadang masih belum bisa membuat kalimat yang sederhana. Kendala yang biasa di hadapi siswa dalam belajar bahasa inggris adalah mereka masih di pusingkan dengan penggunaan " is, am,are,was,were, been dan sebagainya. untuk itu mari kita belajar mengenai kalimat verbal dan nominal agar pemahaman anda dalam tenses bisa lebih matang.

Kalimat Verbal

Kalimat verbal sering kita jumpai dalam artikel - artikel bahasa inggris, namun kadang kita masih belum bisa menentukan kalimat tersebut.
kalimat verbal adalah suatu kalimat yang predikatnya menggunakan kata kerja, jadi subjek nya melakukan kegiatan atau ada action dalam kalimat tersebut.
Contoh kalimat verbal :
  • I go to school ( saya berangkat ke sekolah )
Perlu di ketahui suatu kalimat harus mempunyai unsur minimal Subjek dan Predikat, contoh kalimat di atas subjek yang di gunakan adalah I ( saya ), dan Predikat nya adalah Go ( Pergi/Berangkat ). Apakah subjek dalam contoh kalimat di atas melakukan suatu aksi, jawban nya " Iya". aksi yang di lakukan adalah berangkat. mari kita lihat contoh yang lain.

  • Justin went to school with me yesterday. ( justin berangkat ke sekolah dengan saya kemarin ) 
Pada kalimat di atas subjek nya adalah Justin atau anda juga bisa mengganti dengan " He" dan predikat yang digunakan adalah "went" ( berangkat/pergi ).
Subjek "Justin" melakukan suatu tindakan yaitu berangkat dan disini kenpa ada perbedaan kata kerja? perbedaan kata kerja karena dalam kalimat pertama menggunakan tenses simple present sedangkan kalimat kedua menggunakan tenses past.

Contoh lain misal kegiatan anda sendiri, I read Articles about Verbal and Nominal sentence. Ada action/tindakan pada kejadian anda yaitu Read ( membaca ).
Intinya kalimat verbal adalah kalimat yang menggunakan kata kerja sebagai predikat nya.
Apakah anda sudah sedikit paham mengenai kalaimat verbal? jika belum , tinggalkan komentar di kolom komentar artikel ini dan kami akan berusaha untuk membantu anda sampai paham. Setelah belajar Kalimat verbal, mari kita lanjutkan belajar ke Kalimat nominal.

Kalimat Nominal

Kalimat Nominal adalah kalimat yang predikatnya bukan menggunakan kata kerja tapi menggunakan kata kerja bantu atau sering di sebut Auxiliary verb. pada kalimat nominal subjek nya tidak melakukan suatu kegiatan ,tidak ada unsur tindakan di kalimat ini, jadi hanya keadaan saja. disni kami akan mencontohkan sebuah kalimat nominal, dan akan kami bandingkan dengan kalaimat verbal.

Contoh Kalimat Nominal :

  • Budi is a student ( Budi adalah seorang siswa )
  • Dina is happy ( dina senang hari ini )
  • Andi was busy last night ( Andi sedang sibuk tadi malam )
  • She has been here ( Dia sudah disini )

Coba anda pahami dari subjeknya, kalaimat pertama " Budi is a student" apakah budi melakukan kegiatan? jawaban nya "tidak".
Apakah dina melakukan kegiatan? dia senang, tidak ada unsur tindakan disini, hanya suatu keadaan.
Dia sudah disini, apakah ada tindakan yang di lakukan subjek nya ( She )? tentu tidak.
jadi kalimat verbal pada dasranya terletak pada predikat nya, jika menggunakan kata kerja bantu bukan kata kerja murni, itu adlah kalimat nominal. dari segi subjek juga tidak melakukan suatu action/tindakan.

Untuk lebih memperjelas mengenai kedua kalimat ini,mari lihat perbedaan kalimat dibawah ini :
Budi eats an apple  vs Budi is in jakarta

Kalimat pertama melakukan tindakan " makan" sedang kalimat kedua tidak ada tindakan yang dilakukan budi, hanya keadaan saja.
Nah, itulah kalimat verbal dan nominal dalam bahasa inggris, semoga bisa menjadi referensi dalam belajar bahasa inggris anda.
jika anda mempunyai kendala dalam belajar, jangan sungkan - sungkan untuk bertnya.

Terimaksih

Selamat belajar

0 Response to "Apa itu kalimat Verbal dan Nominal dalam Bahasa Inggris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel