Penjelasan lengkap present perfect

blog horizon kebumen penjelasan tenses present perfect
Penjelasan Present perfect lengkap

Kali ini admin blog horizon kebumen akan membagikan sebuah artikel tentang penjelasan present perfect. dalam artikel ini akan di bahas beberapa hal yang penting di ketahui dalam belajar tenses present perfect. Bagimana membedakan present perfect dengan simple past? mari kita telusuri satu persatu.


 

A. Pola kalimat present perfect

Pola kalimat present perfect terbagi mejadi dua :
a.) Verbal sentence
b.) Nominal sentence
Seperti yang sudah di jelaskan di artikel sebelumnya mengenai rumus tenses , setiap tenses mempunyai dua pola kalimat ( verbal/nominal ).
untuk bentuk verbal dan nominal sentence pada tenses present perfect di jelaskan di bawah ini.

a) Pola kalimat verbal

(+) S + have/has + v3
( -) S + have/has + not + v3
(? ) have /has + s + v3?

Note : Rumus tenses present perfect terdapat dua element pada kata kerjanya. kata kerja yang di pakai
dalam tenses ini yaitu kata kerja bantu ( Auxiliary verb ) dan kata kerja v3 ( Past participle ),jadi ada dua kata kerja yang membentuk pola tenses present perfect. Kata kerja bantu : have/has dan kata kerja utamanya yaitu v3 ( past paticiple ). kata kerja bentuk ketiga biasa di sebut past participle. penggunaan have/has tergantung dari subjek kalimatnya, untuk subjek I,YOU,WE, dan THEY gunakan have, sedangakan subjek HE,SHE, dan IT gunakan has. perlu di ketahui kata kerja bentuk ketiga perubahan nya tidak selalu berahiran "ED", ada pembentukan yang tidak teratur namanya Irregular Form. Contoh kata kerja bentuk ke tiga dengan penambahan "ED" seperti : played,studied,wanted dll. sedangkan bentuk kata kerja yang irregualar seperti seen,brought, written dll.
jadi sobat blog horizon kebumen perlu mengetahui perubahan kata kerja bentuk pertama,kedua dan ketiga baik perubahan yang regular ataupun yang irregular.
Contoh kalimat present perfect :
  • I have eaten an aaple from you ( Saya sudah makan apel yang kamu berikan )
  • She has visited me ( Dia sudah mengunjungiku )
  • My teacher has given me a task ( Guru saya telah memberikan saya tugas )
  • I have not done the home work ( Saya belum mengerjakan PR )
  • Have you met my brother? ( Sudahkah kamu bertemu saudara saya? )
Pada kalimat Statement ( + ) akan bermakna sudah/telah, untuk kalimat ( - ) bermakna belum.

b). Pola kalimat nominal

Pola kalimat nominal pada tenses present  perfect berbeda dengan verbal, bagimana cara membentuk nya?
( + ) S + have/has + been + Complement subject
( - ) S + have/has + not +been + Complement subject
( ? ) have/has + S + been + Complement subject? 

Note : Pola kalimat verbal membutuhkan dua kta kerja , kata kerja bantu ( Auxiliary ) dan kata kerja utama ( main verb ). kata kerja bantu yang digunakan have/has yang berfungsi membantu kata kerja utama " been " agar bermakna  sudah, untuk keterangan apa itu verbal dan nominal silahkan baca disni sedangkan penjelasaan Auxiliary verb silahkan baca disini.
Contoh :
  • I have been in jakarta ( Saya sudah di jakarta )
  • She has been here ( Dia sudah disni )
  • It has been so long ( Ini sudah lama sekali )

B. Fungsi Tenses Present Perfect

a.) Digunakan untuk menyatakan suatu kejadian/peristiwa yang sudah atau belum selesai.

Kejadian dalam kehidupan kita pastilah banyak dan kegiatan tersebut ada yang sudah terselesaikan dan ada yang belum, fungsi tenses present perfect jelasanya untuk memberitahukan bahwa kegiatan yang kita lakukan sudah di selesaikan atau belum tanpa memberikan waktu yang spesifik. jadi kegiatan terselesaikan nya tidak terlalu memperhatikan kapan kejadian tersebut terselesaikan.
Untuk lebih memperjelas, admin akan memberikan gambaran peristiwa. " John adalah seorang siswa di SMA X, dia terkenal siswa yang rajin, setiap tugas yang diberikan kepada nya selalu diselesaikan tepat waktu".

John : Hi Nina, Have you finished The task from our teacher ?
Nina : Hello John, Ummm.. No, I have not, what about you?
John : I have finished it. Why haven't you finished it?
Nina : It's so difficult.
John : Can i help you ?
Nina : Yes, I need it so much.

Pada dialog di atas kita mengetahui bawha john dan nina mendapat tugas dari gurunya, john sudah mengerjakan atau menyelesaikan tugas, sedangkan nina belum menyelesaikan tugas tersebut. john tidak memberitahukan kapan tugasnya telah diselesaikan. jadi fungsinya untuk memberitahukan suatu pekerjaan yang telah diselesaikan.

b). Digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang msih tetap berlangsung sampai sekarang dengan penanda "FOR dan "SINCE.

Fungsi yang kedua pada tenses ini adalah untuk menyatakan suatu kejadian dimulai di waktu yang lampau dan kegiatan tersebut masih tetap berlangsung sampai sekarang. untuk fungsi ini, biasanya digunakan penanda 'for dan since'. for bermakna selama, dan since bermakna sejak.
Contoh yang paling gampang adalah belajar, kegiatan belajar kita mulai dari waktu kita kecil dan sampai sekarang masih tetap berlangsung.
jadi kita bisa menggunakan tenses present perfect untuk menceritakan kegiatan belajar kita yang di lakukan dari dulu sampai sekarang. " I have studied studied since i was six years old. ( Saya sudah belajar semenjak umur enam tahun )
Note! >>> Kegiatan belajar yang di lakukan sejak kecil sampai sekarang masih tetap di lakukan, walaupun makna nya telah namun kegiatan tersebut masih tetap ada sampai sekarang, jadi ketika ada penanda for dan since fungsi dari tenses present perfect adalah untuk menyatakan suatu kejadian yang di mulai di waktu lampau dan masih tetap berlangsung sampai sekarang. Silahkan sobat horizon berfikir sejenak dan ingat-ingat adakah kegiatan sobat blog horizon kebumen yang dari dulu sampai sekarang masih berlangsung?
ketika admin menyebutkan lampau, bukan berarti lampau itu waktunya dulu sekali, waktu lampau bisa dua detik yang lalu, 1 hari yg lalu, tidak harus waktunya 1 atau 5 tahun yg lalu.
 contoh :
  • They have been teachers for more than ten years. ( Mereka sudah menjadi guru selama lebih dari 10 tahun )
  • I haven't seen Janine since Friday. ( Sayaa belum melihat jeni sejak haru jum'at )
  • How long have you been at this school? ( sudah berapa lama anda di sekolah ini )
Note : Ketika berbicara, kegiatan tersebut masih tetap berlangsung.
For bermakan durasi/lamanya  pekerjaan tersebut
since bermakan awal mula pekerjaan tersebut dilakukan

c). Digunakan untuk menyatakan kejadian yang dilakukan berulang - ulang dengan periode waktu yang tidak spesifik.

Pernahkah Sobat Blog Horizon mengunjungi bali? Berapa kali mengunjungi bali?3 kali, 4, kali atau beberapa kali. misalkan ada kegiatan yang sudah dilakukan dan kegiatan tersebut di lakukan kembali di waktu tertentu dengan periode yang tidak spesifik makan sobat horizon bisa menggunakan tenses present perfect.
I have visited bali for six times
Saya mengunjungi bali enam kali, enam kali tidak spesifika kapan saja, intinya saya sudah melakukan kunjungan selama enam kali tersebut tanpa memperhatikan detail waktunya.
Contoh :
  • I have seen that film six times
  • It has happened several times already.
  • He has visited them frequently.
  • We have eaten at this restaurant many times.

d). Digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang baru saja di selesaikan dengan kata keterangan "Just"

Penggunaan "just" pada tenses ini digunakan untuk menyatakan kejadian yang baru saja diselesaikan. untuk peletakan nya di tempatkan diantara kata kerja bantu dan kata kerja utama nya.
I have just eaten.  untul lebih jelas perhatikan contoh kasus dibawah ini :
Misalkan sekarang jam 8 pagi, anda sekarang sedang duduk dan membaca artikel penjelsan present perfect. sebelum jam 8, misalkan 7.50 anda sudah menyelesaikan suatu pekerjaan yaitu mandi. kegiatan mandi yang dilakukan tersebut sudah selesai dan jika anda ingin menegaskan bahwa kegiatan tersebut sudah dilakukan baru-baru saja. maka tambahkan "just" untuk mempertegas kegiatan tersebut.
Contoh :
  • Have you just finished your job?
  • we have just eaten.
  • We have just seen her.
  • Has he just left?
Nah, itulah penjelasan mengenai tenses present pertfect tense semoga artikel ini bisa menjadi jawaban sobat blog horizon kebumen dalam belajar tenses.

0 Response to "Penjelasan lengkap present perfect"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel